Sabtu, 05 Oktober 2013

Pembahasan Tentang Diksi

Pembahasan Tentang Diksi

Diksi merupakan pilihan kata yang bisa kita gunakan dalam membuat karangan, puisi, dan percakapan pada sata kita berkomunikasi. Mungkin kata diksi sering kita dengar, bahkan dalam pelajaran Bahasa Indonesia diksi merupakan salah satu materi yang harus dipelajari.

Diksi adalah pemilihan kata yang digunakan oleh penulis atau pembicara dalam kehidupan sehari-hari. Diksi juga memiliki arti lain yaitu, seni berbicara jelas sehingga kata yang terucap dapat didengar dan dipahami. Jika kita menggunakan diksi yang tidak tepat maka kalimat yang kita kemukakan akan sulit untuk dipahami oleh orang lain.

Jika dipahami lebih lanjut, ternyata diksi terdiri dari delapan elemen yaitu:  Fonem, Silabel, Konjungsi, Hubungan, Kata Benda, Kata Kerja, Infleksi, dan Uterans.
·        Fonem merupakan satuan terkecil dalam sebuah bahasa yang masih bisa menunjukan perbedaan makna. Fonem berbentuk bunyi, misal dalam bahasa Indonesia bunyi [k] dan [g] contohnya dalam kata “cakar” dan “cagar”. Sebaliknya dalam bahasa Indonesia bunyi [f], [v] dan [p] pada dasarnya bukanlah tiga fonem yang berbeda. Kata provinsi apabila dilafazkan sebagai [propinsi], [profinsi] atau [provinsi] tetap sama saja.
·        Silabel atau suku kata adalah unit pembentuk kata yang tersusun dari satu fonem atau urutan fonem. Sebagai contoh, kata wiki terdiri dari dua suku kata: wi dan ki. Silabel sering dianggap sebagai unit pembangun fonologis kata karena dapat mempengaruhi ritme dan artikulasi suatu kata.
·        Konjungsi/kata sambung adalah kata atau ungkapan yang digunakan untuk menghubungkan kata dengan kata, frasa dengan frasa, klausa dengan klausa, serta kalimat dengan kalimat. Contoh dari konjungsi : dan, atau, serta.
·        Kata benda dalah kelas kata yang menyatakan tentang orang, benda, tempat, dan semua yang dibendakan. Kata benda sendiri terbagi menjadi 2 yaitu :
o   Kata benda konkret, yang memiliki wujud dan dapat kita lihat contoh: buku, komputer, binatang, orang. Sedangkan
o   Kata benda abstrak, yang tidak memiliki wujud dan tidak dapat kita lihat contoh : cinta

·        Kata kerja adalah kelas kata yang menyatakan tentang sesuatu yang kita lakukan, menurut objeknya kata kerja dibedakan menjadi 2 yaitu:
o   Kata kerja transitif, yang membutuhkan pelengkap atau objek
Contoh: memukul bola, memukul adalah kata kerja dan bola sebagai objeknya
o  Kata kerja intransitif, yang tidak membutuhkan pelengkap atau objek
Contoh: lari

·        Infleksi adalah proses penambahan morpheme infleksional kedalam sebuah kata yang mengandung indikasi gramatikal seperti jumlah, orang, gender, tenses, atau aspek.

·        Hubungan

·        Uterans

Kesimpulan : Ternyata dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam berbicara diksi sangat diperlukan karena dengan menggunakan diksi, kalimat yang kita ungkapkan akan lebih mudah untuk dipahami oleh lawan bicara kita.

Daftar Pustaka:
                             http://yudhipandjiwulung.blogspot.com/
                             http://id.wikipedia.org/wiki/Diksi

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More